Variasi Permainan Catur Paling Populer

Variasi permainan catur terpopuler. Selama bertahun-tahun, telah dikembangkan sejumlah permainan catur alternatif. Beberapa diantaranya sangat mirip dengan catur modern, namun ada pula yang justru sama sekali berbeda.

Sebagian muncul tanpa ada sambutan antusias dari berbagai komunitas catur dunia. Tapi ada pula yang meraih popularitas dengan banyak pengikut setia.

Variasi Permainan Catur Terpopuler


Permainan yang tercantum di bawah ini telah banyak dikenal dan tersedia di berbagai server catur online atau dimainkan sebagai acara sampingan di turnamen catur tradisional.

Variasi Permainan Catur

Catur Versi Lama (Older Version)


Aturan catur versi lama tidak seperti yang saat ini sering Anda mainkan. Sejak abad ke-6, catur telah mengalami berbagai perubahan bentuk bidak serta cara mainnya.

Chaturanga adalah game catur pertama dan tertua, dikembangkan pada abad ke-6 dan menjadi populer di Persia pada abad ke-7. Bisa dibilang inilah leluhurnya permainan catur.

Game ini tersedia di beberapa server catur online. Sangat mirip dengan catur modern, tentunya dengan beberapa perubahan signifikan.

Bidak raja, benteng, dan ksatria masih identik dengan yang kita gunakan sekarang ini.

Pion hanya bisa bergerak satu kotak, ratu (dikenal sebagai fers atau konselor) hanya bisa bergerak satu langkah diagonal, dan uskup (atau peluncur) bisa bergerak melompat seperti ksatria (kuda) - tetapi hanya dua kotak diagonal.

Bughouse


Bughouse adalah salah satu varian catur paling populer, terutama di kalangan pemain muda. Dalam game ini, dua tim (masing-masing terdiri dari dua pemain) saling berhadapan di dua papan catur terpisah.

Variasi Catur Bughouse

Di setiap tim, satu pemain memainkan Putih dan lainnya Hitam. Permainan dimainkan secara normal, dengan satu putaran. Ketika seorang pemain menangkap sebuah bidak, ia boleh memberikannya kepada rekan satu tim.

Pemain berikutnya boleh membuat gerakan catur normal atau menaruh bidak yang didapatnya ke papan permainan.

Catur dengan Bidak Tambahan


Varian berikutnya mengambil model catur reguler dengan penambahan bidak baru pada papan catur. Misalnya, Capablanca Chess dan Gothic Chess yang menambahkan dua buah bidak baru yaitu kanselir dan uskup agung.

Permainan dimainkan pada papan yang lebih luas (10x8) untuk mengakomodasi materi tambahan. Perbedaan dengan catur standar terletak pada bagaimana kekuatan bidak tambahan itu.

Kanselir dapat bergerak seperti layaknya ksatria atau benteng. Uskup agung dapat bergerak seperti seorang kesatria atau peluncur.

Kedua bidak itu cukup kuat. Kanselir hampir sama kuatnya dengan ratu, sementara uskup agung adalah satu-satunya bagian yang dapat melakukan skakmat tanpa dihalangi bidak lawan.

Selain penambahan materi baru, game ini dimainkan dengan aturan yang sama seperti catur standar.


Catur Pecundang (Loser’s Chess)


Catur pecundang, catur bunuh diri, dan antichess adalah istilah yang sama untuk permainan di mana pemain berusaha untuk menang dengan mengorbankan semua bidak hingga tak tersisa.

Meski dimainkan hanya untuk bersenang-senang, permainan ini tetap butuh strategi untuk mengejutkan lawan.

Permainan kadang dijalankan dengan aturan sesuai kesepakatan antar pemain dengan gerakan bidak sesuai rule catur standar.

Meski begitu, varian catur yang satu ini punya captures bersifat wajib. Jika seorang pemain memiliki pilihan memakan bidak lawan, dia dapat memilih mana yang dia suka, tanpa boleh pass.

Di sini Raja tidak diperlakukan secara istimewa, dan dapat ditangkap kapan saja. Pemenangnya adalah pemain pertama yang mampu menghabiskan seluruh bidaknya.

Chess960


Chess960, juga dikenal sebagai Fischer Random Chess. Salah satu varian catur yang dirancang untuk menghilangkan opening catur tanpa mengubah aturan dasarnya.

Begitu pertandingan dimulai, permainan dimainkan persis seperti catur standar. Perbedaannya adalah pada posisi awalnya.

Varian Catur Chess960

Pion berada di barisan kedua, seperti dalam permainan normal. Namun, bagian-bagian lainnya diatur secara acak dengan aturan tertentu.

Posisi Hitam selalu mencerminkan posisi Putih, setiap sisi harus memiliki satu uskup dari setiap warna, dan raja-raja selalu ditempatkan di antara benteng-benteng.

Sedikitnya ada 960 kemungkinan posisi awal yang dapat ditentukan dengan dadu atau metode lain sebelum pertandingan dimulai.

Kriegspiel


Kriegspiel adalah varian catur di mana pemain tidak dapat melihat bidak lawannya, dan tidak diberitahu di mana mereka berpindah posisi.

Varian ini mengubah strategi permainan secara radikal karena catur adalah permainan terbuka, sementara Kriegspiel tidak.

Mengingat kesulitan logistik Kriegspiel, maka permainan ini hanya dapat dimainkan dengan bantuan seorang arbiter - baik manusia atau server catur.

Arbiter akan memberi tahu apakah pemain melakukan tindakan legal atau illegal dalam upaya menangkap lawan atau menghindari serangan serta dari arah mana raja diserang.

Tujuan permainan sebenarnya sama dengan catur standar, yaitu skakmat.

Catur Atom (Atomic Chess)


Catur atom adalah varian catur online paling popular, di mana game ini dapat dimainkan di sejumlah server catur yang berbeda.

Dalam permainan ini, menangkap bidak lawan bisa lebih berbahaya; selain potongan yang ditangkap dikeluarkan dari papan permainan, bagian yang menangkap juga akan terbunuh.

Selain itu, tiap bagian (tidak termasuk pion) dalam radius satu persegi dari area penangkapan akan turut "meledak," dan dikeluarkan dari papan.

Orang pertama yang meledakkan raja lawan dinyatakan sebagai pemenang.

0 komentar:

Posting Komentar