7 Trik dan Jebakan Main Catur agar Menang Lebih Cepat

Trik dan jebakan permainan catur. Di setiap permainan catur selalu ada trik jebakan atau perangkap untuk melumpuhkan lawan. Sebuah perangkap biasanya disebar di awal permainan sebagai langkah opening.

Seringkali lawan dibuat melongo saat sang raja terkena skakmat yang asal muasalnya tidak mereka sadari. Ini berarti perangkap atau jebakan berhasil mengecoh lawan melalui umpan yang disodorkan.

Tapi tak jarang aksi tipu menipu tersebut tidak membuahkan hasil. Entah karena terbaca oleh musuh Anda, atau jurus yang dimainkan sudah terlalu basi.

Situasi ini tentu kurang menguntungkan. Bisa membuyarkan konsentrasi yang mengakibatkan kekalahan. Mau ngga mau Anda pun terpaksa harus menyusun kembali skema atau rencana serangan berikutnya.

7 Trik dan Jebakan Main Catur agar Menang Lebih Cepat

Trik Jebakan Permainan Catur


Sebuah perangkap bisa sukses tergantung Anda membaca pergerakan lawan. Selama lawan tidak menyadari itu, menang dengan cara cepat bisa Anda raih hanya dalam beberapa langkah. Apa sajakah trik perangkap catur tersebut? Simak di bawah ini.

1. Patzer Trick dan the Scholar's Mate


Dua trik ini paling banyak dimainkan oleh pemula. Tapi pemain catur berpengalaman rasanya takkan mudah tertipu atau terjebak.

Yang pertama adalah trik Patzer. Patzer adalah istilah yang berarti 'pecatur amatir’. Ini tercermin dalam rangkaian gerakan yang dimainkan. Sangat meragukan dan melanggar aturan teori pembukaan catur pada umumnya.

Meski begitu, banyak juga korban berjatuhan akibat trik jebakan ini. Khususnya mereka yang tidak pernah benar-benar memahami pengetahuan catur.

Namun ada cara terbaik untuk mempertahankan diri dari trik ini. Cukup majukan satu langkah pion yang berdiri di depan raja. Dan ancaman pun teratasi.

Scholar's Mate Trap

Perangkap pemula lainnya adalah Scholar Mate atau yang biasa disebut " the sequel to four strikes." Langkahnya agak mirip dengan opening Patzer, hanya beda di urutan langkah dan posisi Queen.

Penangkal mujarab jebakan Scholar Mate adalah cukup mainkan kuda Anda untuk menutupi pergerakan Queen. Itu saja.

2. Fried Liver Attack


Trik ini adalah gaya Italian opening dimana fokus serangan mengarah pada pion di f7 yang dianggap sebagai titik terlemah pertahanan. Kali ini penyerangan dilakukan oleh kuda dan bishop yang masuk dari dua arah yang berbeda.

Sebenarnya trik ini kurang efisien dan tidak mematikan, sebab pada akhirnya hanya akan terjadi pertukaran bidak dimana pemain putih akan lebih unggul dalam pengumpulan pion.

Fried Liver Attack

Tapi beberapa pecatur handal seringkali membuat variasi serangan dari trik ini. Meski tidak langsung ke jantung pertahanan, tapi minimal membuka pertahanan lawan agar mudah dieksploitasi.

3. Legal Trap


Sekarang, kita beralih ke trik yang lebih rumit dan berani. Pada trik ini Anda bisa menang melalui kombinasi langkah yang indah.

Jika melawan pecatur pemula, trik ini akan dengan mudah membuat lawan tak berkutik asalkan mereka terpancing umpan yang Anda pasang (dalam hal ini Queen).

Legal Trap merupakan versi miniatur dari kombinasi serangan hebat karena menggunakan konsep serangan ganda dan umpan balik.

Legal Trap

Sangat pas untuk pemegang bidak Putih dengan pertahanan Philidor dan melibatkan pengorbanan ratu (Queen) sebagai tumbal.

Kunci serangan dimulai setelah kedua belah pihak bergerak normal hingga bishop lawan  melangkah ke h5 dimana perangkap itu berada.

4. Fishing Pole Trap


Fishing Pole Trap mungkin adalah salah satu perangkap paling populer, menarik, dan efektif. Saya pribadi suka jebakan ini karena bisa dilakukan di Sicilian Defense.

Bagaimanapun, ouput-nya tidak selalu seperti yang Anda inginkan terutama saat lawan sadar akan hal itu tapi mungkin upaya Anda akan mengarah pada beberapa posisi menarik yang masih cukup merepotkan lawan.

Fishing Pole Trap

Trik ini memiliki dua versi, bisa dengan Pertahanan Sisilia atau versinya Ruy Lopez. Jebakan ini fokus pada kotak h2 di area pertahanan lawan.

Jadi agar efektif, Anda harus selalu waspada, dimana raja lawan akan melakukan blockade (blokir). Karena tempat paling berbahaya bagi rajamu adalah di mana Anda pikir dia paling aman.

5. Elephant Trap


Trik ini adalah salah satu perangkap di mana Anda akan dihadapkan dengan pertarungan di area tengah papan permainan.

Elephant Trap

Banyak kejutan yang terjadi dimana bishop (gajah) sebagai pemegang kendali permainan. Akan muncul beberapa pertukaran bidak. Jika sampai salah perhitungan Anda akan termakan oleh perangkap lawan.

Biarpun tidak mematikan, tapi sebagai langkah opening, trik ini bisa membuat Anda unggul dalam pengumpulan poin.

6. Lasker Trap


Dinamai menurut Dr. Emanuel Lasker. Trik ini pada dasarnya adalah adaptasi dari teknik Queen Gambit Declined. Memanfaatkan ketidakakuratan langkah bidak Putih dalam mengantisipasi pergerakan pion Hitam.

Saat masuk perangkap ini, bidak Hitam akan mendominasi permainan karena berhasil membuat formasi Putih berantakan.

Lasker Trap

Pada akhirnya, raja Putih berada di tempat terbuka. Pontang-panting menyelamatkan hidupnya. Kuda, benteng, dan bishop pun hanya diam tak berdaya.

Di posisi terakhir, formasi Putih benar-benar hancur.

7. Blackburne-Shilling Trap


Perangkap Blackburne Shilling adalah salah satu jebakan paling mengesankan yang pernah saya lihat sejauh ini.

Hasil spektakuler dari jebakan ini adalah pasangan Raja, Ratu dan benteng dikondisikan terkurung tanpa perlawanan.

Blackburne-Shilling Trap

Trik ini dibuka dengan teknik Italian Opening. Agar trik ini berhasil, di awal permainan, Hitam akan membiarkan Putih mengendalikan permainan.

Selanjutnya Ratu Hitam sengaja masuk ke dalam perangkap kuda Putih, dan dari sinilah kekacauan Putih berawal. Hingga akhirnya kuda Hitam mengunci posisi Ratu dan Raja Putih.

Bang-bang, SKAKMAT, you die…

2 komentar:

  1. nice bang,gua akan improvisasi berbagai trik ini,izin simpan min

    BalasHapus
  2. terimakasih triknya dan kunjungi juga https://ppns.ac.id dan blog saya https://seputarprobolinggo.wordpress.com

    BalasHapus