Prinsip Dasar Langkah Pembukaan Bermain Catur

Prinsip dasar langkah pembukaan catur. Bermain catur tak boleh sembarangan. Melangkah seenaknya, main hantam kromo, jebret sana sini adu bidak tanpa perhitungan.

Untuk player pemula mungkin bisa dimaklumi. Tapi jika ingin terjun ke dunia profesional catur, Anda wajib tahu prinsip dasar pembukaan bermain catur.

Ini penting, karena hampir semua pecatur pro memahami hal ini. Nah, di postingan kali ini akan saya ulas beberapa prinsip dasar opening catur.

Prinsip Dasar Langkah Pembukaan Bermain Catur

Prinsip Dasar Pembukaan Bermain Catur


Agar langkah catur Anda tidak keluyuran tanpa arah, berikut ini pedoman dasar yang bisa Anda jadikan pegangan

1. Kuasai area tengah (kontrol pusat)


Prinsip pembukaan yang pertama adalah mengontrol pusat. Pusat - terutama kotak e4, d4, e5 dan d5 adalah area paling penting dari papan catur.

Kontrol pusat memungkinkan lebih banyak mobilitas, serta akses mudah ke semua bagian papan permainan.

Serangan dari titik pusat juga cenderung paling efektif. Faktor-faktor ini sering mengubah pembukaan menjadi pertempuran sengit antara kedua belah pihak dalam merebutkan kontrol pusat.

Kontrol Pusat

Pada diagram di atas, langkah Putih sangat baik dalam membangun kendali pusat. Pion-pionnya di e4 dan d4 mengendalikan banyak kotak kunci, sementara ksatria di f3 dan c3 ditempatkan dengan baik untuk melompat dengan cepat di mana pun mereka dibutuhkan.

Sebaliknya, Hitam memainkan beberapa gerakan pertama yang buruk. Pion pada a5 dan h5 sama sekali tak berdampak pada area pusat dan gerakan ksatria pada a6 dan h6 malah terbelenggu.

2. Amankan Raja (king safety)


Dalam setiap langkah pembukaan, sangat penting untuk menjaga keselamatan raja. Lemahnya posisi raja bisa mendatangkan malapetaka, atau memaksa Anda berkorban material lebih banyak, terlebih saat raja makin terkepung.

Demikian pula, jika raja lawan terlihat rentan, penting untuk mengeksploitasi ini sebelum raja dapat menemukan posisi yang lebih aman.

King Safety

Seringkali, f-pion (f2 untuk Putih, f7 untuk Hitam) adalah titik terlemah dalam pembukaan untuk setiap sisi. Gambar di atas muncul setelah gerakan 1. e4 e5 2. Nf3 f6? 3. Nxe5 fxe5 4. Qh5 +. Dari diagonal yang diciptakan pada langkah kedua Hitam, Putih mendapat keuntungan dari lemahnya e8-h5.

Terkadang, kelemahan ini bisa berujung skakmat yang cepat.


3. Membangun blokade (castling/blokir)


Karena keselamatan raja sangat penting, sangat disarankan untuk castling lebih awal, terutama untuk pemula.

Selain menghindari quick checkmates, langkah ini jauh lebih aman untuk raja, dibandingkan membiarkan raja kelayapan hingga ke tengah papan permainan. Selanjutnya Anda bisa lebih fokus membangun serangan.

Langkah Castling

Pada diagram di atas, kedua pemain telah melakukan castling dalam 5 langkah pertama permainan. Kedua raja cukup aman, dan pemain tak perlu takut kena skakmat.

Juga perlu diperhatikan bahwa di awal permainan, posisi tiga pion di depan raja jangan diganggu dulu. Memindahkan pion-pion ini di pembukaan awal akan membuat raja mudah diserang, karena membuka garis serangan untuk bidak lawan merangsek masuk.

4. Pengembangan (development)


Saat awal game, pengaruh pion memang rada kecil. Hanya ksatria (kuda) lah satu-satunya personel yang dapat pindah tanpa memajukan pion.

Proses mengatur gerak pion ke dalam permainan dikenal sebagai development. Pemain yang lebih cepat dan akurat dalam mengkoordinasi proses ini akan memiliki banyak keuntungan, karena mereka memiliki peluang lebih baik dalam hal inisiatif serangan.

Development tidak hanya sekedar memindahkan pion. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan.
  • Ksatria dan uskup harus dieksplorasi lebih dahulu karena dapat mempengaruhi area pusat dan membuka peluang menyerang, meskipun risikonya benteng dan ratu jadi lebih rentan untuk diserang.
  • Karena berharga, jangan keseringan menggerakan ratu terlalu awal. Ini membuatnya rentan dari serangan. Setiap kali diserang, si ratu ini mau ngga mau harus terus bergerak menghindari sergapan bidak yang lebih lemah. Lagi pula, ratu bukanlah lawan seimbang bagi ksatria atau uskup.
  • Di langkah awal, jangan menggerakkan bidak yang sama beberapa kali kecuali diperlukan. Sebaiknya dorong mereka ke tengah arena permainan, sebab  serangan dari satu personil saja sangat jarang berhasil.
  • Berikan ancaman untuk memaksa lawan melakukan tindakan defensif, agar permainan mereka tidak berkembang.

Langkah Development

Dari diagram di atas (bermula dari pergerakan 1. e4 e5 2. Qg4 d6 3. Qh5 Nf6 4. Qf3 Bg4 5. Qa3 d5 6. Qa5 Nc6 7. Qa4), Putih terlihat hanya mengeksploitasi ratu. Sementara itu, Hitam berhasil menerapkan prinsip development dengan baik, mengutus tiga bidak untuk terus-menerus mengganggu ratu Putih.

5. Langkah bebas (Freedom)


Freedom berkaitan dengan development. Dalam setiap opening, penting untuk mengatur tiap bidak agar bergerak bebas dalam skema permainan.

Jangan biarkan gerakan satu bidak malah menutup langkah bidak yang lain (kecuali itu bagian sebuah strategi). Kasus seperti ini biasa terjadi pada pecatur pemula.

Langkah Freedom

Pada gambar di atas, kedua pemain mendorong uskup kingside mereka ke lapangan tengah tepat di depan d-pion mereka (d3 untuk Putih, d6 untuk Hitam).

Men-development uskup memang ide bagus. Penempatan para uskup ini mencegah setiap pemain memindahkan pion mereka, sehingga uskup dan ratu lawan lebih sulit untuk menerobos ke area kendali pusat.

Selain itu, kedua uskup dibatasi oleh e-pion mereka sendiri, yang memblokir gerakan mereka sepanjang satu diagonal. Misalnya, Uskup Putih akan lebih baik dikembangkan ke c4 atau e2, di mana ia akan memiliki kebebasan bergerak dalam dua arah. Demikian pula, Uskup Hitam akan memiliki lebih banyak kebebasan baik c5 atau e7.

Oke, itulah beberapa prinsip dasar pembukaan dalam permain catur. Semoga bisa menambah literature Anda. Sampai jumpa.

1 komentar:

  1. Mantep... sekali and tambah lagi donk contoh serta pembahasan Tanding Catur Dunia.. Mr. Two Torist ??

    BalasHapus