Cara Mematikan Lawan Catur dalam 5 Langkah

Cara mematikan atau mengalahkan lawan catur hanya dengan 5 langkah. Penulis tahu dan paham, hampir semua pemain catur inginnya menang dengan cepat.

Semua teknik instan bakal diserap dan diterapkan, asalkan musuh bisa keok dalam hitungan langkah singkat.

Stigma ini biasanya melekat pada pecatur amatir, atau mereka yang baru mengenal catur tanpa tahu seni main catur yang benar itu seperti apa.

Ngga salah sih…hanya saja akibatnya kita jadi malas mempelajari pakem atau teknik catur yang telah baku di dunia percaturan internasional.

Oke langsung saja kita ke materinya….


Cara Mematikan Lawan Catur dalam 5 Langkah


Perlu digarisbawahi dulu. Teknik ini intinya hanya memanfaatkan langkah opening lawan yang memajukan pion dua kotak ke depan dari f2-f4.

Jadi, misalkan langkah pembukanya bukan pion di f2, cara ini lebih baik dilupakan saja. Selain itu, teknik ini akan lebih berhasil saat Anda memainkan bidak Hitam.

Agar lebih jelas, perhatikan gambar animasi di bawah ini  :


Begini penjabarannya...

1. Sebagai langkah pembuka, lawan memajukan pion Putih dari f2 ke f4. Hitam pun menyambut dengan mendorong pion di e7 ke e5 hingga posisi pion saling berseberangan.

2. Situasi berikutnya memaksa pion Putih memakan pion Hitam di e5. Namun Hitam secara sengaja kembali mengorbankan pionnya di d7 ke d6 untuk sekali lagi dihajar pion Putih yang kelaparan. Taktik ini sengaja dimainkan Hitam untuk menempatkan Uskup/peluncur- nya agar berada di posisi d6.

3. Pada langkah ketiga ini, Putih akan mengira bakal terjadi serangan Ratu Hitam di h4 yang bisa mengakibatkan skakmat. (lihat gambar)



Hasilnya, kuda Putih akan berdiri di f3 guna mengantisipasi gerakan Ratu Hitam.

4. Selaku pengendali bidak Hitam, Anda mengecoh lawan dengan memajukan pion di g7 ke g5 agar terbaca seolah-olah hendak memangsa kuda Putih di f3. Akibatnya, Putih kembali melakukan langkah antisipasi dengan memajukan pion di h2 ke h3.

5. Di langkah kelima inilah kemenangan Hitam sudah di depan mata. Uskup yang sedari tadi menunggu di d6 siap melancarkan serangan dengan merangsek masuk ke g3 untuk melakukan SKAKMAT.

6. Game over.


Kontradiksi


Dari trik di atas muncul pertanyaan dari beberapa orang,

Untuk menghadang laju Ratu Hitam kenapa harus Kuda Putih bergerak ke f3? Bukankah mendorong pion Putih dari g2 ke g3 jauh lebih efektif?

Pertanyaan di atas memang cukup beralasan, karena memajukan pion bisa menyelamatkan nyawa Raja Putih  dari skakmat.

Tapi dari kebanyakan kasus permainan yang telah dijalani, biasanya lawan secara refleks akan menghadang ancaman Ratu Hitam dengan Kuda.

Selain itu, meski Pion Putih yang bergerak tetap saja bidak Putih akan mengalami kerugian dengan pertahanan yang semakin terbuka ditambah Raja yang kesulitan untuk melakukan blokade atau blokir karena posisi skak dari Ratu hitam harus memaksa Raja Putih bergeser tempat ke d2.

Kira-kira seperti ini ilustrasinya….


Kesimpulannya, langkah pembukaan pion Putih dari f2 ke f4 seringkali dianggap sebagai celah yang bisa membahayakan pertahanan Raja.

Jika hal ini dipaksakan, bersiaplah menerima pukulan bertubi-tubi dari lawan yang akan mengobrak-abrik area pertahanan Anda hingga berakhir SKAKMAT.

0 komentar:

Posting Komentar