Langkah Pembukaan (Opening) Catur Terbaik Khusus untuk Pemula

Satu pertanyaan yang sering muncul dalam dunia catur pemula adalah “apa langkah pembuka terbaik dalam permainan catur?”

Padahal, tidak semua opening cocok untuk pemula. Butuh pengetahuan mendalam tentang prinsip dasar langkah pembukaan bermain catur untuk menemukan ide-ide strategis yang mengiringi setiap langkahnya.

Tidak masuk akal seandainya menjiplak opening grandmaster idola Anda, sementara Anda sendiri tidak tahu persis konsep yang mendasarinya.

Lebih baik fokus pada prinsip klasik seperti mengontrol dan mengembangkan permainan sendiri. Ini jauh lebih baik daripada sibuk menghafal setiap urutan gerakan mengikuti teknik yang telah dipelajari.

Akan tetapi, berpijak dari hal itu, langkah pembuka untuk pecatur pemula harus memenuhi kriteria berikut ini:
  1. Mudah dipelajari dan bisa langsung dipraktekkan
  2. Didasarkan pada ide-ide kunci, bukan sekedar menghafal teori.
  3. Harus menuju ke arah middlegame yang nyaman.

langkah pembukaan catr

Langkah Pembukaan Catur untuk Pemula


Jika Anda ingin mengubah repertoar pembuka Anda dan mendapatkan posisi yang baik di awal permainan, boleh Anda pertimbangkan 3 langkah pembukaan catur terbaik untuk pemula seperti di bawah ini:

The Italian Game


Italian Game bukan hanya teknik tertua, tetapi juga salah satu yang paling sering dimainkan di semua level.

Meskipun memiliki reputasi sebagai soft opening tanpa mengejar keuntungan, langkah pembukaan ini sedikit banyak telah dipakai oleh para GM top dengan berbagai variasi ide-ide baru.

Namun, kesederhanaannya adalah alasan kuat mengapa langkah opening ini menjadi pilihan yang pas untuk pemula. Ilustrasinya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Langkah Pembukaan Catur - Italian Game

Ide kunci teknik pembukaan ini adalah mengendalikan permainan secara cepat dengan menempatkan pion di tengah sebagai step pertama. Secara tak langsung membuka pergerakan untuk  uskup dan ratu.

Pada langkah kedua (Nf3), Kuda putih langsung mengancam pion Hitam pada kotak e5. Setelah itu, Uskup bergerak ke area tengah kotak c4 untuk membidik pion hitam di f7 selain sebagai taktik membuka jalan bagi Raja melakukan ‘castling’ pun sebagai upaya pertahanan.

Dengan langkah opening ini, Putih berpeluang mencapai 3 tujuan utama: kendali permainan, improvisasi dan mengatur pertahanan sedini mungkin.

Selanjutnya, Putih dapat memainkan ksatrianya ke c3, pion ke d3 untuk membawa uskup mengatur strategi serangan berikutnya.

Baca juga ini : 10 Tips Menang Main Catur Lawan Siapapun

Sicilian Defense


Sekarang kita beralih pada posisi bidak Hitam. Anda dapat memulai permainan dengan Pertahanan Sisilia.

Sama seperti di opening Italian Game, Putih memulai dengan memindahkan pion depan raja ke kotak e4. Langkah ini tak hanya berkontribusi pada kendali pusat tetapi juga membuka jalan dua bidak hanya dengan satu gerakan.

Hitam memilih langkah balasan pertama dengan memajukan pion ke c5. Alih-alih menempatkan pion di tengah dan pada awal permainan, dengan Pertahanan Sisilia Anda secara halus mengambil alih area tengah papan pada kotak d4.

Langkah Pembukaan Catur - Sicilian Defense

Alternatif lainnya, Hitam bisa juga memulai penyerangan dengan meniru gerakan Putih dengan 1.. e5, Disini Hitam menciptakan posisi asimetris yang mengarah ke banyak posisi menarik.

Respons paling umum bidak Putih adalah 2.Nf3 dan 3.d4 yang memungkinkan pemain pertama mendapatkan ruang di tengah; di sisi lain, Hitam mendapat pertukaran pion.

Pertahanan Sisilia paling sering dimainkan Hitam pada kotak e4, terutama pada game level tinggi. Bermain 1 ... c5, Hitam memulai pertarungan di tengah papan menyerang d4 dari sayap.

Langkah ini juga menghindari posisi e5 simetris 1.e4 yang dapat menyebabkan posisi yang membosankan dan tak menggigit. Itulah mengapa serangan dari Pertahanan Sisilia lebih menyakitkan, karena memberi kesempatan pada lawan untuk menerobos dengan serangan balik yang tiba-tiba.

The Queen's Gambit Declined


The Queen’s Gambit Declined adalah metode pembukaan paling klasik. Telah dimainkan oleh hampir semua pemain hebat dalam sejarah permainan catur.

The Queen’s Gambit Declined adalah opening yang solid ditandai dengan langkah 1. d4 d5 2. c4 e6 di mana Hitam diam-diam mengincar pion d5.

Permulaan game paling popular dengan menduduki pusat permainan dari 1.d4. Dalam kasus ini, Anda harus tahu bagaimana bereaksi terhadap langkah ini.

langkah pembukaan catur - The Queen Gambit Declined

Jika Hitam ingin mendapatkan ruang di tengah dan membalas dengan 1 ... d5, akan didapatkan posisi simetris. Biasanya Putih akan bergerak ke 2.c4, mengancam pion d5 untuk menekan pusat pertempuran.

Pada langkah kedua, cara bagi Black untuk mempertahankan pion d5-nya adalah dengan memajukan pion ke-e6. Langkah 2 ... e6 membebaskan uskup di kotak f8 untuk menuju ke e7, membawa Hitam satu langkah ke castling.

Namun, sisi negatif dari langkah 2...e6 adalah mengunci pergerakan uskup yang ada di kotak c8 untuk keluar menyerang.

Variasi gerakan berikutnya bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Itulah rekomendasi saya tentang langkah pembukaan catur untuk pemula, tetapi semua terserah Anda untuk memutuskan mana yang paling cocok. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda kunjungi DI SINI.

0 komentar:

Posting Komentar